Sejarah Coreldraw


Siapa yang tidak tahu nama ini, “coreldraw”, ya dia adalah sebuah software editor grafis berbasis vector, dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corp. yang berpusat di Ottawa, Kanada. Yang kemudian menjadi nama paket editor grafis Corel. Sudah banyak versi untuk coreldraw yang telah dikeluarkan corel Corp. Versi terakhirnya adalah Coreldraw X5. yang dirilis tahun 2010.     

Tentang Pengembangan Corel    
Pada 1985, Dr. Michael Cowpland mendirikan Corel untuk menjual sistem desktop-publishing berbasis Intel.
Pada 1987, Corel merekrut beberapa pengembang software (programmer) untuk membangun sebuah software grafis berbasis vektor untuk dijadikan satu dengan paket desktop-publishing Corel. Program itu, yang akhirnya diberi nama CorelDraw, pertama kali diluncurkan ada 1989. Program itu diterima luas oleh Masyarakat.
CorelDraw dibuat utk Windows bersamaan dengan diluncurkanya Windows 3.1. dengan dimasukkannya TrueType ke dalam Windows 3.1 menjadikan Corel sebagai program ilustrasi yang mampu menggunakan fonts yang ada tanpa membutuhkan software tambahan.

Fitur Andalan Corel Draw
Beberapa inovasi untuk ilustrasi berbasis vektor pada CorelDraw : Note-edit tool, stroke before fill, mesh fill dan sebagainya.
CorelDraw memiliki perbedaan mencolok dibandingkan kompetitornya. Yang pertama bahwa CorelDraw adalah suatu paket software grafis, bukan hanya sebuah editor gambar berbasis vektor. Peralatan – peralatan yang ada memungkinkan penggunanya untuk mengatur kontras, keseimbangn warna bahkanmengubah dari mode RGB (Red Green Blue) menjadi CMYK (Cyan Magenta Yellow). Khusus untuk gambar bitmap dapat diubah dengan Corel PhotoPaint.
Pesaing utama CorelDraw adalah Adobe Illustrator buatan adobe, dan Xara Extreme. Biarpun mereka sama sama editor vector Masing Masing mempunyai kelebihan tersendiri.

1 komentar: